Selasa, 06 Maret 2012

Krisis Moral

Nama    : Triyantini
NIM     : 10211048
Kelas    : 2 A
TUGAS 2

Globalisasi membawa dampak yang buruk bagi warga negara kita, khususnya bagi remaja. Virus globalisasi terus menggerogoti moral anak bangsa. Masyarakat cenderung menuntut kemajuan global tanpa memandang aspek budaya bangsa. Budaya barat yang masuk ke negara kita menyebabkan mereka lupa akan budaya timur yang penuh etika dan sopan santun.


Saat ini remaja di negara kita sedang dilanda krisis moral. Krisis moral semakin hari semakin marak. Apabila hal ini dibiarkan maka akan berdampak buruk pada negara karena remaja merupakan generasi penerus bangsa. Bayangkan bagaimana keadaan bangsa ini di masa yang akan datang jika generasinya tidak bermoral. Ketika generasinya tidak bermoral, maka akan terjadi kebobrokan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Salah satu krisis moral yang marak adalah cara berpakaian. Remaja cenderung meniru pakaian orang-orang yang menganut budaya barat. Sebelum adanya globalisasi, kita jarang sekali melihat orang yang berpakaian mini atau kita sebut saja pakaian kurang bahan. Tapi, saat ini sudah bukan hal yang aneh lagi apabila kita melihat orang  yang hanya memakai tank top dan celana mini yang menampakan paha. Mereka lebih menyukai pakaian terbuka atau pakaian yang kurang bahan dibandingkan pakaian yang dapat menutupi auratnya. Wajar saja jika tindak kriminal, seperti pemerkosaan banyak terjadi. Laki-laki mana yang tidak tergiur melihat kemolekan tubuh wanita yang selalu dipertontonkan. 

Tak hanya dari cara berpakaian, tapi seks bebas, narkoba pun kian marak di kalangan remaja. Adanya tayangan negatif dari media menyebabkan rasa penasaran dalam diri remaja. Seperti yang kita ketahui usia remaja adalah usia yang gejolak emosinya belum stabil. Mereka cenderung ingin tahu segala hal, sehingga mereka selalu mencoba hal-hal baru dalam hidup mereka.

Untuk itu, pendidikan merupakan hal yang utama dalam mengatasi moral bangsa. Pendidikan yang paling utama dilakukan adalah di lingkungan keluarga. Orang tua sangat memiliki peran penting dalam membentuk moral anak. Apabila orang tua membekali mereka dengan ajaran agama, maka saya yakin moral remaja akan baik, tidak mudah terpengaruh. Mereka akan mampu menyaring setiap budaya yang masuk. Orang tua harus memantau perkembangan anaknya.


2 komentar:

  1. setujuuu...
    makanya bisa dibilang, kiamat 2012 itu yang dimaksud emang kiamat moral..
    miris.

    BalasHapus
  2. kenyataan dan display of fact daari pendidikan adalah dengan sedikit bisa dilihat dari pelaksanaan UN...
    apakah sudah bermoral...??
    :)

    BalasHapus