Sabtu, 25 Februari 2012

Sikap Generasi Muda Terhadap Globalisasi

Nama   : Triyantini
NIM    : 10210048
Kelas   : 2 A
TUGAS 1


Menurut Malcolm Waters globalisasi adalah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting yang terjelma dalam kesadaran seseorang. Globalisasi sangat berpengaruh terhadap kehidupan bangsa Indonesia. Baik pengaruh yang bersifat positif maupun negatif.

Pengaruh positif globalisasi di Indonesia diantaranya adalah sistem pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis, karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara. Terbukanya pasar internasional, sehingga devisa negara meningkat. Adanya kemajuan teknologi informasi yang membantu dengan cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi.


Sementara itu, salah satu pengaruh negatif dari globalisasi di Indonesia adalah meningkatnya sikap individualisme. Individualisme adalah paham yang menghendaki kebebasan berbuat dan menganut suatu kepercayaan bagi setiap orang, paham yang mementingkan hak perseorangan di samping kepentingan masyarakat.

Dengan adanya sikap individualisme, orang tidak akan peduli terhadap kehidupan bangsa. Banyak orang yang tidak peduli terhadap sesama. Prinsip gotong royong di negara kita lama-kelamaan akan hilang. Dilihat dari sikap, banyak orang yang kini tidak memiliki sopan santun dan cenderung tidak peduli terhadap lingkungan. Sebab mereka menganggap bahwa globalisasi menganut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati mereka. Jika pengaruh tersebut dibiarkan maka, moral bangsa menjadi rusak. Lalu bagaimana sikap kita sebagai generasi muda penerus bangsa melihat pengaruh buruk dari globalisasi?

Globalisasi merupakan sebuah realita yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia. Globalisasi berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. Persiapkan diri kita untuk menghadapi adanya globalisasi tanpa menghilangkan jati diri bangsa. Gunakan globalisasi melalui hal-hal positif. Gunakan teknologi sebaik mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat, menerima adanya budaya luar yang masuk ke negara kita tanpa melupakan budaya kita sendiri. Jadikan budaya luar sebagai motivasi untuk memajukan budaya Indonesia.

Meningkatkan keimanan dan moralitas bangsa karena dengan adanya keimanan dan moralitas, maka pengaruh negatif dari globalisasi dapat diatasi. Kita dapat menjaring hal-hal yang baik dan buruk dari budaya luar yang masuk ke negara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar